Belajar Phpmyadmin : Membuat Database

Pada artikel belajar phpmyadmin kali ini, kita akan bersama-sama membahas dasar tentang bagaimana cara membuat database untuk berbagai keperluan.

Buat Database Dengan Phpmyadmin

Anda dapat membuat semua tabel database dan kueri Anda menggunakan kode PHP. Namun sebelum melakukan itu, ada baiknya untuk mendapatkan pemahaman tentang apa yang akan Anda ciptakan. Jika Anda baru di dunia database, maka ini menjadi dasar yang harus dipelajari.

Apa Itu Database dan Seperti Apa Bentuknya?

Database adalah cara untuk menyimpan banyak informasi. Anda mungkin ingin menyimpan nama dan alamat dari semua kontak Anda, atau menyimpan nama pengguna dan kata sandi untuk forum online Anda. Atau mungkin informasi pelanggan.

Ketika Anda membuat database, Anda membuat struktur unik yang tentu saja akan mencerminkan data apa saja yang ada didalamnya.

Struktur Basis Data

Kolom (ID, Judul, First_Name, Nama Keluarga) disebut Fields. Baris-baris itu disebut Catatan. Setiap catatan adalah entri yang terpisah.

Dalam database, Anda menyimpan informasi dalam Tabel. Satu basis data dapat berisi banyak tabel, dan mereka dapat ditautkan bersama. Ketika tabel dihubungkan bersama, itu dikatakan sebagai database relasional. Jika Anda hanya memiliki satu tabel di database Anda, maka itu disebut database file datar. Database file datar lebih mudah dibuat dan dipahami, jadi kita akan mulai dengan membuat salah satunya menggunakan phpMyAdmin.

Membuat Database Baru

Jadi, mulailah server Anda dan aktifkan phpMyAdmin, jika Anda belum memilikinya. Masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda (kata sandi kosong, jika Anda belum mengubah apa pun.)

Meskipun terlihat sedikit kacau, bagian yang perlu dikonsentrasikan adalah kotak teks di bawah kata-kata membuat basis data baru.

Jika Anda tidak dapat melihat bagian “Buat basis data baru”, klik Baru di sisi kiri phpMyAdmin:

Ketik nama untuk database Anda, di mana ia mengatakan “Buat database”. Ketik addressbook ke dalam kotak teks

Setelah Anda mengetik nama untuk database baru Anda, klik tombol “Buat”. Anda akan dibawa ke area baru.

Membuat tabel di phpMyAdmin

Di area baru ini, Anda dapat membuat Tabel untuk masuk ke basis data Anda. Saat ini, seperti yang dikatakan, tidak ada tabel yang ditemukan dalam database. Tetapi database itu sendiri telah dibuat.

Untuk membuat tabel baru, ketikkan nama untuknya di kotak di bagian bawah. Anda juga bisa mengetikkan nomor untuk kotak teks Fields. Kolom adalah kolom, dan akan menjadi hal-hal seperti first_name, nama keluarga, alamat, dll. Anda dapat selalu menambahkan lebih banyak data pada kolom dan baris sesuai dengan keinginan.

Itulah cara membuat database awal yang bisa dibahas kali ini, semoga dapat mempermudah kegiatan belajar php Anda.